Penjualan UMKM Naik 7,5 Kali Lipat Saat 11.11 Big Sale
Jakarta, ID – Shopee melaporkan penjualan produk brand lokal dan UMKM meningkat lebih dari 7,5 kali lipat saat momen Shopee Live pada puncak pesta diskon 11.11 Big Sale dibandingkan hari biasa.
Hal itu mencerminkan makin tingginya minat pengguna untuk terlibat dan membeli produk lokal secara lebih interaktif. Shopee menghadirkan 11.11 Big Sale pada 14 Oktober – 11 November 2024.
“Tahun ini, kami melihat makin tingginya minat konsumen untuk berbelanja brand lokal dan UMKM sepanjang Shopee 11.11 Big Sale,” ungkap Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (14/11/2024).
Hal itu pun disebutnya menjadi sumber semangat bagi Shopee untuk selalu berkolaborasi dan berinovasi dalam mendukung pertumbuhan bisnis lokal serta dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen.
“Dengan pendekatan yang inklusif melalui fitur interaktif hingga program khusus, ke depan, kami berharap dapat terus menjadi rekan brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh, bahkan menembus pasar internasional,” tuturnya.
Salah satu aspek yang memperkuat keberhasilan kampanye 11.11 Big Sale juga dibuktikan Shopee lewat langkah strategisnya melalui Program Ekspor Shopee.
Program itu menjangkau brand lokal dan UMKM di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto yang mencatat peningkatan transaksi ekspor tertinggi saat 11.11 Big Sale tahun ini.
Dukungan ekspansi ke kancah internasional itu merupakan wujud nyata dari visi Shopee untuk memperkuat seluruh pelaku usaha di Indonesia tanpa terkecuali.
Shopee Live
Shopee 11.11 Big Sale tahun ini tidak hanya menghadirkan penawaran terbaik dan diskon besar yang membantu para penjual menggaet lebih banyak pembeli.
Shopee juga memperlihatkan keberhasilan fitur interaktif Shopee Live untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM. Saat 11.11 berlangsung, Shopee Live terus menjadi salah satu cara belanja interaktif pilihan pembeli.
Kemudahan akses terhadap produk serta menciptakan keterlibatan dan interaksi bersama pengguna pun membuat lebih banyak brand lokal dan UMKM yang memanfaatkan fitur tersebut.
Gaya berjualan live stream yang memberikan kebebasan bertanya dan ulasan produk secara real-time sebelum membeli, telah memberikan dampak positif ke mitra brand lokal dari berbagai kategori.
Pemanfaatan fitur interaktif itu pada puncak 11.11 telah membuat mitra brand lokal pada kategori pakaian pria, yakni Tenue de Attire, merasakan antusiasme luar biasa dari pengguna Shopee.
Mereka pun menikmati peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat di kampanye 11.11 dibandingkan dengan hari biasa untuk beragam jenis kemeja dan atasan yang menjadi produk favorit.
Keunggulan Shopee Live juga dinikmati oleh brand lokal Tulus Skin. Brand kecantikan yang dikenal dengan lini perawatan kulit dari bahan alami ini mencatat peningkatan transaksi hingga 11 kali lipat dibandingkan hari biasa.
“Kami ucapkan terima kasih bagi penjual, pembeli, serta mitra brand atas kepercayaannya pada Shopee,” tutup Monica. (bdm)