Infodigital.co.id

Penjualan Fesyen di Tokopedia Naik Hampir 7 Kali lipat

Tokopedia dan ShopTokopedia membantu tumbuh kembang pelaku usaha batik di Indonesia. (Foto; Dok Tokopedia)

Jakarta, ID – Penjualan fesyen di platform Tokopedia dan ShopTokopedia disebut meningkat rata-rata hampir mencapai 7 kali lipat pada kuartal IV- 2024 ini dibandingkan dengan kuartal IV-2023 pada skala nasional.

Beberapa produk fesyen dengan kenaikan tertinggi dalam jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain atasan (kaos), blouse dan outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu.

Tokopedia dan ShopTokopedia terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia, termasuk brand fashion lokal, seperti Batik Arkanza, melalui berbagai inisiatif karena industri fesyen tanah air memiliki potensi yang besar.

“Untuk makin mendorong geliat industri fashion, termasuk batik dalam negeri, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif, seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik,” ujar Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (6/12/2024).

Promo 11.11

Sementara itu, Promo Guncang di Tokopedia dan ShopTokopedia berlangsung pada setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan, termasuk fashion dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon.

Pada jam pertama puncak Promo Guncang 11.11 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok pun disebut meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Di sisi lain, ada program Beli Lokal yang memberikan etalase khusus bagi brand lokal, termasuk fashion agar makin menjadi pilihan masyarakat di Tanah Air.

Menurut Antonia, fashion menjadi salah satu kategori produk paling laris pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia saat Promo Guncang 11.11 tahun 2024.

“Sejumlah brand fashion lokal, bahkan merasakan peningkatan tertinggi nilai penjualan dengan rata-rata lebih dari 21 kali lipat melalui kampanye Beli Lokal saat Promo Guncang 11.11,” katanya.

Melokal dengan Batik

Selanjutnya, lewat Melokal Dengan Batik, Tokopedia dan ShopTokopedia juga berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para perajin batik lokal.

Hal itu dilakukan lewat berbagai inisiatif kunci, yaitu akselerasi digitalisasi UMKM batik, halaman khusus Melokal Dengan Batik, shoppertainment, dan peningkatan kapasitas produksi.

Inisiatif yang diluncurkan pada awal tahun 2024 itu juga bertujuan meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk batik lokal.

Berkat inisiatif Melokal Dengan Batik di skala nasional, transaksi sejumlah produk batik, antara lain atasan batik (jaket, blouse), kain batik, dan bawahan batik (rok, kamen), rata-rata naik lebih dari 6 kali lipat. (dmm)

Komentar

Iklan