Pengguna Google dan Facebook Jadi Sasaran Utama Phishing
Tren Serangan Phishing
Sementara itu, beberapa merek makin menjadi sasaran upaya serangan phishing dibandingkan tahun lalu. Phishing untuk Google meningkat lebih 3 kali lipat, menunjukkan pertumbuhan 243% pada paruh pertama 2024 dibandingkan setahun lalu.
Selanjutnya, Mastercard mengalami peningkatan 210% dalam upaya pencurian uang dan data sensitif, diikuti oleh Facebook dan Netflix. Keduanya terakhir mengalami peningkatan 2 kali lipat dalam upaya serangan yang mengeksploitasi merek.
“Tahun ini terjadi peningkatan signifikan upaya phishing yang menargetkan Google. Jika seorang pelaku phishing memperoleh akses ke akun Gmail, mereka berpotensi dapat mengakses beberapa layanan, menjadikannya target utama,” kata pakar keamanan di Kaspersky Olga Svistunova, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (4/9/2024).
Hanya menariknya, Microsoft mengalami penurunan klik pada sumber daya phishing. Karena, merek ini seringkali menjadi sasaran phishing kredensial perusahaan, sehingga penurunan tersebut mungkin karena peningkatan literasi siber di berbagai organisasi.
“DHL juga mengalami penurunan, yang merupakan tren umum di antara beberapa merek transportasi dan logistik yang kami analisis.”