Jakarta, ID – Kegiatan promosi produk di platform marketplace/e-commerce yang disiarkan langsung (live shopping) terus menunjukkan tren peningkatan, mulai digemari penjual online, dan menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia.
Sementara itu, para pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia pun mencatat kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat pada semester I-2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
“Kategori produk paling laris di live shopping di ShopTokopedia antara lain skincare atau perawatan kulit, hijab, dan dessert atau makanan manis,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia dan ShopTokopedia Rizky Juanita Azuz, dikutip Rabu (21/8/2024).
Saat ini, lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Masyarakat pun bisa mengakses lebih banyak produk berkualitas, harga transparan, dan berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.
Lewat live shopping, pemilik brand lokal pun makin bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli.
Pengakuan NPURE
Manfaat live shopping untuk lebih memperkenalkan dan mendongkrak penjualan pun diakui oleh NPURE, salah satu produsen skincare lokal Indonesia yang didirikan tahun 2017 oleh Willy Handoko.
Menurut Chief Marketing Officer NPURE Joanne Victoria, pemanfaatan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, yang bisa diakses di aplikasi TikTok, sangat penting agar eksistensi NPURE bisa selalu terjaga.
“NPURE rutin mengikuti kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Promo Guncang dan Beli Lokal. Selain itu, fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat,” ungkap Joanne, dikutip Infodigital.co.id, Rabu (21/8/2024) .