Kemkomdigi dan Operator Seluler Buka Posko Telko Lebaran

Jakarta, ID – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) dan 4 operator seluler, yakni PT Telkomsel, PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison), PT XL Axiata Tbk, dan PT Smartfren Telecom Tbk, bekerja sama membuka Pos Koordinasi (Posko) Layanan Telekomunikasi (Telko) untuk Lebaran 2025.
Posko bersama tersebut dinilai sangat diperlukan untuk memantau jaringan dan meningkatkan layanan telko selama musim mudik Lebaran 2025, sehingga mampu menjamin layanan yang terbaik dan berkualitas bagi pelanggan.
Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria pun telah meninjau Posko Telko hasil kolaborasi Kemkomdigi bersama penyelenggara layanan telekomunikasi seluler di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Menurut dia, persiapan layanan telko khusus bagi pemudik itu akan mampu menjamin kualitas layanan telekomunikasi selama Lebaran 2025.
“Seperti kita lihat tadi, persiapan cukup baik, ya, semua opsel (operator seluler) berkolaborasi kompak gitu untuk menjamin kualitas layanan telekomunikasi,” ungkap Nezar, di Posko Telko Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (26/3/2025).
Menurut dia, Posko Telko hasil kolaborasi tersebut akan dibuka pada periode H-5 hingga H+7 Lebaran. “Posko kita buka H-5 dan H+7 setelah Lebaran, dan itu beroperasi selama 24 jam sepekan,” jelasnya.
Nezar Patria menilai, masyarakat antusias dalam menggunakan fasilitas yang disediakan oleh para opsel, termasuk diskon yang mencapai 50%. Masyarakat pun diimbaunya untuk selalu mematuhi segala peraturan yang ditetapkan selama mudik.
Pemerintah juga terus mencoba yang terbaik, khususnya pada layanan telekomunikasi dan transportasi seluruh penumpang di jalur-jalur mudik.
“Semua masyarakat yang menggunakan jalur-jalur mudik itu bisa menjalani mudik yang tenang dan menyenangkan, sesuai dengan tema mudik kita tahun ini,” pungkas Nezar Patria. (bdm)