Jaringan Telko Dipastikan Siap Hadapi Momen Libur Nataru
Jakarta, ID – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi (telko) di Tanah Air untuk dimanfaatkan selama momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).
Hal tersebut pun sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan dengan baik, termasuk di sektor komunikasi digital.
“Presiden Prabowo menugaskan kepada para menterinya, khususnya untuk memastikan bahwa pelayanan publik tetap berjalan. Ini termasuk memastikan kelancaran arus jaringan telekomunikasi dan libur Nataru,” ujar Meutya di di Jakarta Selatan, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (25/12/2024).
Menkomdigi menyebutkan, Kementerian Komdigi (Kemkomdigi) telah membuka layanan aduan masyarakat melalui media sosial @pmt.komdigi, yang dapat dimanfaatkan jika terjadi gangguan pada jaringan telekomunikasi.
“Kemnkomdigi siap menangani aduan terkait jaringan komunikasi. Kami berkomitmen memastikan kenyamanan masyarakat saat libur Nataru melalui layanan komunikasi yang stabil dan aman,” imbuhnya.
Meutya juga mengapresiasi kolaborasi lintas kementerian, terutama dengan Kementerian PANRB, dalam memastikan layanan publik dasar, seperti transportasi, kesehatan, dan keamanan, tetap berjalan selama periode liburan ini.
Sementara itu, Menteri PANRB Rini Widyantini menambahkan, pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2024 yang meminta instansi pemerintah di pusat maupun daerah untuk memastikan pelayanan publik dasar tetap tersedia.
“Kita juga penting mengelola cuti pegawai secara selektif agar pelayanan masyarakat tidak terganggu saat momen libur Nataru,” ucap Rini.
Dengan adanya langkah-langkah tersebut, Menkomdigi optimistis bahwa masyarakat dapat menikmati libur momen Natal dan Tahun Baru dengan tenang dan terkoneksi tanpa kendala. (bdm)