Infomedia dan Microsoft Hadirkan Contact Center AI
Jakarta, ID – PT Infomedia Nusantara, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menjalin kemitraan untuk menghadirkan solusi contact center (CC) berbasis AI yang lebih cerdas dan komprehensif di Indonesia.
Langkah kolaborasi strategis dengan Microsoft itu pun menegaskan peran Infomedia sebagai pemimpin solusi layanan pelanggan yang berbasis teknologi.
Bertempat di Kantor Pusat Infomedia di Jakarta, Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano dan Country General Manager Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir telah meneken kesepakatan kerja sama itu,
Solusi CC yang dihadirkan mencakup pengembangan solusi bersama, integrasi teknologi, dan inovasi pengalaman pelanggan, serta dukungan strategi go-to-market collaboration untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di ekosistem digital Indonesia yang dinamis.
“Kolaborasi ini bukan sekadar adopsi teknologi, tetapi wujud komitmen Infomedia dalam menciptakan dampak nyata bagi pelanggan,” ujar Eddy Sofryano, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (30/8/2025).
Dengan dukungan AI dan platform digital komprehensif, Infomedia membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, optimalkan biaya, sekaligus menghadirkan solusi end-to-end relevan dengan kebutuhan industri.
“Inilah peran strategis Infomedia sebagai mitra transformasi bisnis di Indonesia,” tuturnya.
Dharma Simorangkir menambahkan, AI memiliki potensi besar untuk mentransformasi industri contact center dengan menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih personal.
“Teknologi ini mendorong efisiensi, memberdayakan agen, dan kami sangat antusias untuk mengeksplor berbagai peluang ini bersama Infomedia,” ucap Dharma.
Dengan posisi Infomedia yang kini mengelola ribuan agen contact center dan melayani berbagai sektor industri strategis di Indonesia, kolaborasi itu membuka banyak peluang di berbagai sektor.
Pelanggan pun dipastikan bisa merasakan pengalaman interaksi yang lebih personal, empatik, dan terpercaya, yang pada akhirnya memperkuat kepuasan serta loyalitasnya.
Tren Contact Center
Sementara itu, industri contact center di Indonesia tengah mengalami transformasi besar seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap layanan yang lebih cepat, personal, dan konsisten di berbagai kanal (omnichannel).
Dalam konteks tersebut, kecerdasan buatan (AI) menjadi kunci untuk menghadirkan layanan yang cerdas dan efisien, mulai dari Conversational AI untuk melayani pelanggan otomatis, Agent Assist untuk mendukung agen secara real-time, hingga predictive analytics yang mampu mengantisipasi kebutuhan pelanggan sejak dini.
Percepatan adopsi teknologi tersebut pun diyakini akan mendorong Infomedia untuk menjalin kolaborasi dengan mitra global.
Melalui langkah tersebut, Infomedia memastikan kapabilitas digitalnya terus berkembang, efisiensi operasional meningkat, serta kontribusinya terhadap agenda transformasi digital nasional semakin signifikan. (bdm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now