Infodigital.co.id

Indosat Catat Trafik Internet Naik Double-Digit

President Director and Chief Executive Officer Indosat Vikram Sinha (memakai batik). (Dok Indosat)

Jakarta, ID – PT Indosat Tbk, atau dikenal juga sebagai Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dengan kode saham ISAT, mencatat peningkatan lalu lintas/trafik data/internet double digit para pelanggan selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Didukung oleh lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Indosat terus berkomitmen dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan dengan menjaga jaringan tetap optimal selama momen liburan.

Selama periode Nataru yang berlangsung pada 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, puncak lonjakan signifikan lalu lintas data nasional terjadi pada 1 Januari 2025 dengan peningkatan lebih dari 10% dibandingkan periode hari biasa.

Adapun kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi di setiap daerah meliputi Kota Baturaja, Kota Palembang, Kota Siantar Sidempuan di Sumatra, Kota Sintang, Kota Singkawang, Kota Sampit di Kalimantan, serta Kota Gowa, Kota Palu, Kota Parepare di Sulawesi, selain wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra.

Pada periode  tersebut, terjadi peningkatan populeritas layanan digital. Ada 5 aplikasi yang mengalami lonjakan penggunaan tertinggi, yakni  WhatsApp, Tiktok, Instagram, Youtube, dan Facebook.

“Indosat terus berkomitmen dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan, termasuk saat momentum penting seperti pergantian tahun,” ujar President Director and Chief Executive Officer Indosat Vikram Sinha, dikutip InfoDigital.co.id, Minggu (5/1/2025).

Dengan berbagai dukungan teknologi dan kesiapan SDM, menurut Vikram, Indosat terus berupaya mewujudkan visi menjadi layanan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia.

AI dan Otomatisasi

Dia melanjutkan, Indosat telah menyiapkan berbagai dukungan untuk kelancaran komunikasi pelanggan, termasuk melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) serta otomatisasi.

Hal itu dilakukan guna menjaga kualitas jaringan untuk mendukung komunikasi pelanggan selama periode libur Nataru yang mencerminkan pentingnya konektivitas dalam menikmati momen kebersamaan.

Indosat memastikan jaringan tetap optimal melalui pemantauan dan pengelolaan intensif yang dilakukan selama 24/7 di Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

Dengan memanfaatkan teknologi AI/machine learning (AI/ML) dan otomatisasi, ketersediaan serta kualitas jaringan Indosat dimonitor secara proaktif untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul demi kenyamanan pengguna.

Dengan penerapan teknologi mutakhir tersebut, Indosat pun berhasil menurunkan tingkat keluhan pelanggan sebesar 36% dibandingkan rata-rata hari biasa.

“Indosat terus berinovasi, memperkuat jaringan, dan mendukung transformasi digital bangsa,“ tutup Vikram. (bdm)

Komentar

Iklan