Infodigital.co.id

Harbolnas 2024 Bidik Omzet Rp40 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan poengurus idEA. (Foto; Dok idEA)

Jakarta, ID – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 akan digelar selama tujuh hari, yakni 10-16 Desember untuk pertama kalinya sejak kali pertama hadir. Total transaksi (omzet) selama sepekan tersebut ditargetkan Rp40 triliun.

Karena itu, Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) dan pemerintah akan mempersembahkan periode diskon untuk produk lokal di sepanjang Harbolnas 2024, kecuali tanggal 12.12 yang akan berlaku diskon general.

Harbolnas memasuki tahun ke-13 sejak diluncurkan pada 12 Desember 2012 silam. Sumbangsih capaian Harbolnas yang selalu sukses mendongkrak pertumbuhan ekonomi di penghujung tahun, sehinga membuat pemerintah memberi support yang luar biasa.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Komunikasi dan Digital, Kementerian UMKM, dan Kementerian Pariwisata memberikan arahan dan dukungan agar Harbolnas 2024 bisa berjalan selama tujuh hari.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Harbolnas dari tanggal 10-16 Desember 2024, atau selama 7 hari, diharapkan bisa mendongkrak penjualan usaha lokal.

“Kalau tahun lalu sekitar Rp24,7 triliun, transaksi tahun ini diharapkan bisa naik menjadi Rp40 triliun. Kita gaungkan Program Harbolnas 2024 yang bertemakan #PakaiProdukSendiri,” ujar Airlangga optimistis, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (7/12/2024).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto meyakini bahwa Harbolnas akan menjadi ‘air di gurun’ di mana konsumsi masyarakat tengah agak melemah.

“Kampanye bersama ini akan membawa dampak yang jauh lebih besar lagi. Ini akan membawa dampak positif di penghujung tahun, di mana konsumsi masyarakat memang sedang mengalami tantangan,” ucap Hilmi.

Subsidi Diskon

Subsidi promo yang pesar untuk gaet pembeli tidak mungkin dipungkiri akan menjadi penarik. Sebab, harga jual menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong terjadinya transaksi.

Goto, Shopee, Tokopediashop, menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan Harbolnas 2024. Peserta Harbolnas 2024 diwajibkan menerapkan promo awal minimal 30%.

Lalu, ada tambahan subsidi dari perbankan dan platform marketplace hingga bisa menghasilkan promo mencapai 90% untuk produk lokal. Karena itu, selalu ada alasan untuk #PakaiProdukSendiri ya.

Tiga bank Himbara pun turut andil dalam memberikan subsidi untuk pengusaha UMKM dan produk lokal yaitu BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Sementara itu, platform e-commerce juga memberikan subsidi bagi pengusaha UMKM dan produk yang menjadi seller. (bdm)

Komentar

Iklan