Halodoc Perkenalkan AI Doctor Assistant
Jakarta, ID – Halodoc, pionir ekosistem layanan kesehatan digital di Indonesia, memperkenalkan inovasi terbaru, yakni AI Doctor Assistant (AIDA).
AIDA dari Halodoc akan memberikan akses praktis ke pengetahuan medis yang teruji secara ilmiah (berbasis bukti), mempercepat alur kerja klinis, serta memungkinkan dokter fokus pada layanan berkualitas dan berkelanjutan dan interaksi langsung dengan pasien.
AIDA dibangun dengan filosofi doctor first dan berada di bawah pengawasan Board of Medical Excellence Halodoc.
Tim dokter tersebut akan mengawasi, memonitor, dan mengevaluasi seluruh layanan kesehatan ekosistem Halodoc, termasuk penerapan awal teknologi AI di Halodoc.
AI di Halodoc tersebut dirancang untuk memperluas kemampuan tenaga kesehatan profesional, sehingga dapat terus memusatkan perhatian pada hal yang paling penting, yaitu layanan kesehatan berkualitas dan berkelanjutan untuk pasien.
Managing Director Halodoc Ardhitya Rinaldo mengatakan, AIDA merupakan alat pendukung yang tidak akan menggantikan peran dokter, tetapi memberdayakan kemampuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sudah baik menjadi semakin baik bagi pasien.
“Fokus kami memastikan teknologi hadir sebagai pendamping terpercaya, dengan jaminan keamanan data, privasi pasien, dan integritas klinis yang selama ini menjadi pondasi Halodoc,” tegas Ardhitya, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (21/8/2025)..
Sementara itu, hasil evaluasi terhadap AIDA, terdapat lebih dari 80% mitra dokter telah merasakan manfaatnya, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan repetitif atau administratif, sehingga dapat lebih fokus pada pengambilan keputusan klinis dengan dukungan data yang lebih akurat.
Pada penerapan awal, AIDA juga telah mencapai tingkat ketepatan hingga 93% yang menegaskan perannya sebagai pendamping terpercaya bagi dokter dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan.
“Teknologi, dedikasi pada pelayanan kesehatan, dan semangat kolaborasi adalah jembatan menuju Indonesia yang lebih sehat,” ujar Ardhitya.
Terkait implementasi AIDA, privasi dan keamanan data tetap menjadi prioritas utama Halodoc. Setiap interaksi dengan AI dijalankan dalam kerangka tata kelola data yang ketat, sesuai dengan aturan perlindungan data kesehatan yang berlaku.
Teknologi AI Inovatif
Sementara itu, AIDA bukan proyek sekali jadi. Ia akan terus belajar, berkembang, dan beradaptasi, selalu dengan tujuan yang sama: memperkuat peran dokter dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.
Sebagai bagian dari komitmen untuk memajukan layanan kesehatan berbasis teknologi, Halodoc pun mengedepankan prinsip bahwa AI hadir sebagai alat pendamping yang memperkuat peran tenaga kesehatan profesional, bukan menggantikannya.
Hal tersebut juga sejalan dengan panduan WHO yang menekankan pentingnya privasi data, tata kelola etis, dan keadilan sebagai fondasi utama penggunaan AI di layanan kesehatan.
Sejak berdiri, Halodoc konsisten menghadirkan teknologi untuk mempermudah akses dan meningkatkan kualitas layanan Kesehatan mulai dari layanan telemedicine yang memfasilitasi pasien berkonsultasi dengan lebih dari 20.000 dokter berlisensi di lintas pulau.
Halodoc mengintegrasikan pengguna, tenaga kesehatan, apotek, rumah sakit, dan asuransi dalam satu platform, hingga partisipasi aktif dalam program vaksinasi nasional, skrining kesehatan, dan Continuing Medical Education (CME) melalui Halodoc Academy. (bdm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now