Infodigital.co.id

Grab Verifikasi Driver dan Hadirkan Fitur Keamanan Baru GrabCar

GrabCar Plus (NEW) hadir untuk menjawab GrabCar Plus (NEW) hadir untuk menjawab GrabCar Plus (NEW) dihadirkan untuk kebutuhan para pengguna yang menginginkan perjalanan dengan armada yang lebih besar, baru, dan nyaman. (IST)

Jakarta, ID – Grab Indonesia terus berbenah dengan meningkatkan persyaratan mitra pengemudi dan sejumlah fitur keamanan pada armada GrabCar seiring uji layanan GrabCar Plus (NEW) di Jakarta.

Perbaikan dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen, khususnya bagi pengguna layanan transportasi roda empat GrabCar.

Pertama, selain pengetatan verifikasi data yang memastikan data identitas mitra sesuai data yang ada di sistem pemerintah, Grab menerapkan kewajiban tes psikologi tatap muka.

Selain itu, mitra pengemudi Grab juga harus menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kedua, selain terus memperketat seleksi mitra pengemudi, berbagai pembaruan dilakukan pada fitur dalam aplikasi, antara lain Trip Monitoring dan Audio Protect.

Masih dalam semangat mendengarkan aspirasi para konsumennya, Grab juga meluncurkan dua inovasi terbaru, yaitu fitur Akun Keluarga dan layanan GrabCar Plus (NEW).

Director of Mobility & Logistics Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengatakan, sebagai penyedia layanan taksi online, Grab mengerti bahwa keamanan dan kenyamanan konsumen tidak dapat dikompromikan.

“Kami berterima kasih untuk semua yang sudah berpartisipasi dalam memberikan waktu dan pikirannya untuk perbaikan layanan GrabCar,” ujar Tyas, dalam pernyaataannya di Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Fitur Baru

Sementara itu, berikut tambahan beberapa pembaruan fitur keamanan yang tersedia di layanan GrabCar.

1.Trip Monitoring

Grab memperketat proses pemantauan perjalanan (Trip Monitoring) untuk mendeteksi perjalanan secara real-time guna memperkecil kemungkinan terjadinya tindakan yang tidak diinginkan dengan adanya intervensi manual.

Intervensi manual bersifat proaktif, di mana tim Grab Support akan menghubungi penumpang dan pengemudi jika terjadi penyimpangan rute atau pemberhentian tidak wajar pada jam tertentu.

2.Audio Protect 

Fitur perekaman suara dengan persetujuan penumpang (Audio Protect) hanya dimiliki Grab di industri ride-hailing. Perekaman suara akan otomatis dilakukan sejak mitra pengemudi menerima pemesanan dari penumpang.

Selain itu, konsumen yang telah memberikan persetujuannya dapat mengakses Audio Protect melalui Pusat Keselamatan, sehingga pengaturan perekaman dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3.Akun Keluarga

Dengan persentase pengguna perempuan di Grab yang dominan, salah satu masukan yang cukup banyak didapat adalah dari para ibu yang menginginkan notifikasi otomatis.

Menjawab kebutuhan tersebut, Grab pun meluncurkan fitur Akun Keluarga. 

Jika admin telah menambahkan anggota keluarga ke Akun Keluarga, ia akan mendapatkan notifikasi otomatis dan kemampuan melihat posisi mobil real-time saat dalam perjalanan bersama Grab.

Tak hanya itu, anggota Akun Keluarga juga dapat menggunakan metode pembayaran yang dibebankan pada admin sehingga pembayaran lebih terpusat.

4.Tombol Darurat

Pada akhir 2024, Grab akan memindahkan lokasi Tombol Darurat di aplikasi penumpang agar lebih terlihat dan lebih mudah diakses dalam keadaan darurat.

GrabCar Plus (NEW)

Grab juga melakukan uji coba GrabCar Plus dengan standar baru  dengan armada yang lebih besar, baru, dan nyaman.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan di layanan GrabCar Plus (NEW) antara lain:

-Mobil non-LCGC

-Tahun produksi kendaraan yang lebih baru

-Seleksi kualitas kendaraan lebih ketat yang dilengkapi dengan pengecekan kendaraan berkala

-Implementasi tambahan identitas pelengkap bagi mitra pengemudi, seperti seragam, kartu identitas dalam mobil, dan stiker pada armada akan dilakukan secara bertahap mulai Agustus 2024

Komentar

Iklan