Databricks Perluas Ekspansi ke Indonesia
Jakarta, ID – Databricks, perusahaan data dan AI, mengumumkan rencananya untuk memperluas investasi di kawasan Asia Tenggara (Asean), termasuk Indonesia.
Langkah tersebut dilakukan karena didorong oleh pertumbuhan tahunan perusahaan yang mencapai lebih dari 70% selama tiga tahun terakhir dan didukung meningkatnya permintaan layanan data intelligence secara global.
Untuk memenuhi kebutuhan layanan data, AI, dan governance di Indonesia, Databricks Data Intelligence Platform pun akan tersedia di wilayah AWS Asi-Pasifik (Jakarta) mulai awal tahun 2025 ini.
“Kami sangat antusias untuk menghadirkan Databricks Data Intelligence Platform ke Indonesia dengan memanfaatkan keandalan, skalabilitas, fleksibilitas, dan keamanan AWS,” ujar Vice President and General Manager of Asean and Greater China Databricks Cecily Ng, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (24/2025).
Menurut dia, ekspansi tersebut menegaskan komitmen Databricks untuk tak hanya memperluas kehadiran di kawasan ini, tetapi juga mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia dalam memaksimalkan potensi data melalui analitik canggih dan wawasan berbasis AI.
“Kami percaya langkah ini akan mendukung transformasi bisnis para klien di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi digital,” ucapnya.
Head for Partner Management Asean AWS Kirsten Gilbertson menambahkan, pihaknya mendukung ekspansi Databricks ke Indonesia yang akan memperkuat investasi AWS sebesar Rp71 triliun di Wilayah Asia-Pasifik (Jakarta) AWS.
“Kami berkomitmen untuk membantu Databricks dan seluruh pelanggan kami dalam mengelola data bisnis secara aman, lokal, serta mendorong inovasi digital dan AI yang sesuai dengan kebutuhan industri,” tutur Kirsten Gilbertson.
Potensi Pasar
Saat ini, ratusan pelanggan di Asean, termasuk Standard Chartered Bank, Ikano Retail (franchise IKEA), Maya, dan Xendit, telah memanfaatkan Databricks Data Intelligence Platform di AWS.
Dengan ekspansi tersebut, Databricks bertujuan untuk mendukung lebih banyak perusahaan di Indonesia agar mampu memaksimalkan potensi Data dan AI secara optimal untuk meningkatkan daya saing.
Seiring dengan maraknya penggunaan AI generatif, berbagai perusahaan di Indonesia makin menyadari bahwa pemanfaatan data dapat meningkatkan daya saing dan menghasilkan inovasi baru, terutama dalam menghadapi persaingan ekonomi digital.
Ekspansi bisnis Databricks pun merupakan tonggak penting perusahaan dan merupakan komitmen untuk mendukung pertumbuhan bisnis di kawasan Asean. (dmm)