Infodigital.co.id

Blibli Tanam 7.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Penanaman 7.000 pohon di Kepulauan Sereibu oleh Blibli dan mitra. (Foto: Dok Blibli)

Jakarta, ID – PT Global Digital Niaga Tbk (BELI),  atau dikenal sebagai Blibli, menanam 7.000 pohon mangrove melalui Aksi Cinta Bumi di  Pulau Harapan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Inisiatif tersebut fokus pada peningkatan dampak positif terhadap lingkungan. Aksi kolaboratif dilakukan bersama ecopreneur CarbonEthics dan mitra perbankan Bank Neo Commerce ini di dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Nasional 2024.

Tujuan kegiatan untuk memperkokoh benteng laut alami di Kepulauan Seribu, yang sejalan dengan upaya pengurangan emisi di bawah pilar fokus materialitas Blibli Tiket Action.

Hal itu juga merupakan komitmen ekosistem Blibli Tiket dalam mendukung pemerintah mengurangi suhu iklim dan menyelamatkan lingkungan, serta memperlambat resiko kenaikan permukaan air laut.

COO & Co-Founder Blibli Lisa Widodo mengatakan, penanaman pohon mangrove merupakan wujud kolaborasi yang melibatkan pelanggan, karyawan, dan lebih banyak pelaku bisnis.

“Itu termasuk CarbonEthics dan Bank Neo Commerce, yang sejalan dengan komitmen Blibli Tiket Action dalam mendukung pengurangan emisi lewat rehabilitasi lahan mangrove,” ungkap Lisa, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (30/11/2024).

Blibli Tiket Action optimistis, langkah itu tidak hanya berkontribusi pada pelestarian karbon biru (blue carbon) untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Senada, CEO & Co-Founder CarbonEthics Bimo Soewadji menambahkan bahwa penanaman pohon mangrove tersebut untuk memperkuat peran Kepulauan Seribu sebagai benteng abrasi alami untuk wilayah pesisir Jakarta dan sekitarnya.

CarbonEthics pun sangat mengapresiasi dukungan nyata dari Blibli Tiket Action dan beberapa pelaku bisnis lainnya dalam merehabilitasi lahan mangrove di Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Harapan.

“Selain memperluas solusi iklim melalui pelestarian lingkungan pesisir, aksi ini juga mengedepankan kesejahteraan masyarakat setempat lewat hasil potensi peningkatan hasil tangkapan nelayan, pertumbuhan sektor wisata lokal, dan masih banyak lainnya,” jelas Bimo.

Asal 7.000 Pohon

Sementara itu, sebagian besar pohon mangrove yang ditanam oleh Blibli Tiket Action pada tahun 2024 berasal dari kolaborasi dengan sejumlah pelaku bisnis yang beroperasi di Tanah Air.

Sebanyak 3.700 pohon dari hasil konversi pengembalian kemasan pelanggan, program Tukar Tambah produk elektronik, dan donasi pelanggan, serta karyawan ekosistem Blibli Tiket.

Selanjutnya, 2.000 pohon mangrove dari 2.000 peserta program Fresh Track 5K Run dalam rangka perayaan ulang tahun Ranch Market dan Farmers Market.

Tidak hanya itu, terdapat 1.000 pohon mangrove yang merupakan bentuk dukungan Bank Neo Commerce dari hasil program pembukaan rekening baru.

Sebanyak 300 pohon lainnya dari hasil lelang fesyen sirkular oleh desainer Rinda Salmun saat gelaran Langkah Membumi Festival 2024 pada awal bulan November lalu. (bdm)

Komentar

Iklan