Infodigital.co.id

BigBox AI Telkom Jadi Solusi Keamanan Siber

Ilustrasi platform BigBox untuk solusi keamanan siber. (Dok Telkom)

Jakarta, ID PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah dan terus mematangkan solusi platform BigBox untuk kebutuhan transformasi digital berbasis AI yang komprehensif guna memastikan ketahanan digital yang tangguh di Indonesia, khususnya dalam mitigasi ancaman siber.

Telkom berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur yang tangguh, seperti platform BigBox AI, yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai institusi untuk mendeteksi potensi ancaman digital, sehingga bisa lebih cepat bertindak preventif.

“AI yang kami kembangkan dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi aset-aset kritikal Indonesia. Tak hanya itu, kami juga memastikan keamanan data tetap terjaga dengan kepatuhan pada regulasi yang ketat,” ujar EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (26/2/2025).

Menurut Komang Budi, keamanan nasional di era digital tidak hanya mengandalkan upaya fisik, tetapi juga bergantung pada kecanggihan teknologi.

Apalagi, berdasarkan laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sepanjang 2022, Indonesia mengalami lebih dari 370 juta serangan siber yang membuat pada risiko tinggi dalam menghadapi ancaman digital.

Karena itu, peran teknologi AI menjadi penting karena mampu mendeteksi dini ancaman siber, melakukan pemantauan data secara real-time, serta pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Teknologi AI juga dapat digunakan di berbagai sektor, mulai dari pemantauan keamanan perbatasan hingga perlindungan data vital negara dari serangan siber.

Platform BigBox AI

Platform BigBox AI kini menjadi salah satu layanan AI unggulan dari Telkom. Platform ini dirancang untuk mampu memroses dan menganalisis data secara real-time, termasuk sistem keamanan internal maupun eksternal.

Salah satu keunggulan BigBox AI adalah kapabilitasnya dalam anomaly detection, di mana sistem ini dapat memantau dan mendeteksi aktivitas mencurigakan dalam jaringan, kemudian, pengguna akan mendapat pemberitahuan, sehingga bisa mencegah serangan sebelum terjadi.

Telkom terus pun investasi dalam pengembangan solusi AI yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan sektor-sektor vital.

Misalnya, pada sektor finansial, pemanfaatan layanan BigVision dari BigBox AI dapat membantu bank-bank besar meningkatan keamanan transaksi digital sekaligus meningkatkan perlindungan terhadap data nasabah dari pencurian atau peretasan.

Telkom tidak hanya berfokus pada teknologi canggih, tetapi juga pada dampak keberlanjutan. Telkom pun memastikan setiap inovasi yang dilakukan, termasuk dalam pengembangan AI, memberikan kontribusi positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik. (bdm)

Komentar

Iklan