Infodigital.co.id

Ada 143 Juta Pengguna Medsos di Indonesia

Simbol platform media sosial. (Dok Sprout Social)

Jakarta, ID – Sebanyak 143 juta orang Indonesia diperkirakan aktif menjadi pengguna media sosial (medsos) pada awal 2025. Mereka aktif di banyak medsos, antara lain YouTube, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Itu artinya, terdapat irisan atau keaktifan orang Indonesia di banyak media sosial pada saat bersamaan. Karena itu, satu orang bisa saja aktif atau punya akun di lebih dari satu platform medsos.

Menurut data rangkuman Data Reportal dari berbagai sumber, pada awal 2025, terdapat sekitar 143 juta pengguna media sosial aktif di wilayah Indonesia.

“Angka ini setara dengan 50,2% dari total penduduk Indonesia sekitar 285 juta pada awal 2025,” ungkap Data Reportal, dikutip InfoDigital.co.id, Senin (7/4/2025).

Data Reportal mengaku, dalam pengumpulan data tersebut, metodologi yang digunakan dengan berupaya untuk menghilangkan duplikasi data pengguna media sosial di berbagai platform sosial.

Selain itu, karena kompleksitas yang terkait dengan penghapusan duplikasi pengguna di berbagai platform sosial, metodologi yang digunakan untuk menghitung terkadang hanya memperhitungkan pengguna platform media sosial yang memiliki audiens aktif saat laporan dibuat.

Terkait hal itu, analisis Kepios menunjukkan bahwa identitas pengguna media sosial di Indonesia meningkat 4,0 juta (2,9%) dibandingkan antara awal tahun 2024 dan awal tahun 2025.

Data yang dipublikasikan dalam alat perencanaan iklan platform media sosial teratas juga menunjukkan terdapat 126 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas pada awal tahun 2025, setara 62,7% dari total populasi berusia 18 tahun ke atas.

“Saat ini, 46,0% identitas pengguna media sosial Indonesia adalah perempuan , sementara 54,0% adalah laki-laki,” imbuh Data Reportal.

Dan, untuk konteks tambahan, sekitar 67,3% dari total basis pengguna internet Indonesia (tanpa memandang usia) menggunakan setidaknya 1 platform medsos pada awal 2025.

Sebaran Pengguna Medsos RI

Sementara itu, Data Reportal juga berusaha menyajikan sebaran penggguna medsos di Indonesia pada awal 2025 sebagai berikut.

1. YouTube                    143 juta

2. Facebook                    122 juta

3. Instagram                   103 juta

4. TikTok                        108 juta

5. LinkedIn                    33 juta

6. Messenger (Meta)      25,6 juta

7. Platform X                 25,2 juta

8. Snapchat                    1,69 juta.

(dmm)

Komentar

Iklan