Infodigital.co.id

2 UMKM Binaan Telkom Tembus Pasar Global

UMKM bInaan Telkom berpameran di ajang TEI 2025. (Dok Telkom)

Jakarta, ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas dan menembus pasar global. Terakhir, dua UMKM binaan Telkom berhasil melakukan transaksi dan tembus pasar global.

Pencapaian tersebut dari partisipasi 7 UMKM binaan Telkom dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2025 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang pada 15–19 Oktober 2025.

Tujuh UMKM binaan Telkom yang diikutsertakan dalam pameran tersebut terdiri atas BAKERZMIX, MADEBYDE, Mbrebes Mili Food, Dapoer Aul, Banamia Chips, Batik Bedjo, dan CV Mayasari Jaya Mandiri.

Sementara itu, dua di antaranya berhasil melakukan trasaksi dan lima business matching  dengan pembeli dari berbagai negara, yakni China, Arab Saudi, Jordania, Filipina, Vietnam, Pakistan, Belanda, Malaysia, Kanada, Nigeria, dan India.

PT Mbrebes Mili Food pun telah menandatangani kontrak kerja sama senilai US$150.000 dengan buyer dari Belanda. Sementara itu, Banamia Chips menerima pesanan sebanyak 4.000 pcs dari buyer asal Pakistan.

Senior General Manager Social Responsibility Telkom Hery Susanto menyampaikan, partisipasi UMKM binaan Telkom di TEI 2025 merupakan bagian penting dari ekosistem pembinaan UMKM Telkom yang berfokus pada empat tahapan, yaitu Go ModernGo DigitalGo Online, dan Go Global.

“Keikutsertaan UMKM binaan Telkom di Trade Expo Indonesia 2025 ini merupakan wujud nyata konsistensi kami dalam memperkuat ekosistem ekonomi digital yang inklusif,” ujar Hery, dikutip InfoDigital.co.id.

Kegiatan tersebut menjadi bagian dari tahap Go Global dalam pembinaan UMKM Telkom untuk mendorongnya naik kelas dan mampu bersaing di pasar internasional.

“Kami berharap, momentum ini menjadi titik awal bagi UMKM untuk memperluas pasar, menjalin kemitraan bisnis internasional, serta membawa produk lokal Indonesia semakin dikenal dunia,” tuturnya.

Produk Unggulan

Setiap UMKM binaan yang berpartisipasi pun membawa produk unggulan khas Indonesia dengan punya kualitas ekspor dan ciri yang unik, mulai dari produk kuliner, seperti sambal Nusantara dari Dapoer Aul, bawang goreng khas Mbrebes Mili Food, hingga olahan pisang modern dari Banamia Chips.

Ada pula BAKERZMIX yang menghadirkan premium baked goods dan bahan kue inovatif, serta MADEBYDE dengan hasil kriya khas Indonesia.

Di bidang fashion, Batik Bedjo membawa batik tulis Pekalongan yang telah disesuaikan dengan selera pasar global, sementara CV Mayasari Jaya Mandiri memperkenalkan rumput laut kering khas Kalimantan Timur dengan potensi ekspor tinggi.

Kontrak Ekspor

Sementara itu, dari tujuh UMKM binaan Telkom berpartisipasi di Trade Expo Indonesia 2025, lima di antaranya berhasil melakukan business matching dengan pembeli luar negeri, seperti China, Arab Saudi, Jordania, Filipina, Vietnam, Pakistan, Belanda, Malaysia, Kanada, Nigeria, dan India.

Pencapaian tersebut pun menjadi bukti bahwa produk lokal asal Indonesia semakin diakui karena punya kualitas, kreativitas, dan nilai budayanya yang khas.

Lebih dari itu, dua UMKM binaan Telkom berhasil langsung melakukan dealing pada ajang tersebut.

PT Mbrebes Mili Food menandatangani kontrak kerja sama senilai US$150.000 dengan buyer dari Belanda. Sementara itu, Banamia Chips menerima pesanan sebanyak 4.000 pcs dari buyer asal Pakistan.

Keberhasilan tersebut pun menjadi tonggak penting bagi Telkom dalam mengakselerasi UMKM menuju pasar global, sekaligus memperlihatkan potensi besar produk Indonesia di mata dunia. (bdm)

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan