Infodigital.co.id

XLSMART dan Telkom Kerja Sama Pelanggan dan Monetisasi Trafik

XLSMART dan Telkom teken kerja sama peningkatan layanan pelanggan. (Dok XLSMART)

Jakarta, IDPT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menandatangani kerja sama tingkatkan pengalaman pelanggan dan monetisasi trafik. Penandatanganan kerja sama dilakukan di sela acara Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2025, pekan lalu.

Penandatanganan dilakukan oleh Chief Enterprise Business Solution XLSMART Feby Sallyanto dan General Manager Carrier Service and Other License Operator Telkom Noor Mahmudah Moorcy.

Melalui penandatanganan itu, XLSMART dan Telkom sepakat memperkuat kerja sama di berbagai bidang untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus membuka peluang pertumbuhan bisnis baru.

Direktur & Chief Enterprise dan Strategic Relation Officer XLSMART Andrijanto Muljono mengatakan, melalui penandatanganan kesepakatan itu, XLSMART mempertegas komitmen untuk memperkuat sinergi dengan Telkom.

“Kerja sama ini tidak hanya menciptakan peluang bisnis baru, tetapi juga memastikan pengalaman layanan yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Bersama, kita mendukung pertumbuhan ekosistem digital nasional lebih inklusif dan berdaya saing,” ujar Andrijanto, dikutip InfoDigital.co.id.

Sementara itu, kerja sama kedua perusahaan mencakup kesepakatan beberapa hal.

Pertama, Transit Voice Call Center 188 via Telkom guna meningkatkan kenyamanan dan kualitas pelanggan XLSMART untuk melakukan panggilan ke call center 188 (Telkomsel/IndiHome).

Kedua, Eyeball Monetization, yakni pemanfaatan basis pelanggan (eyeball) XLSMART untuk akses konten OTT yang dapat dimonetisasi oleh kedua pihak.

Ketiga, Voice Internasional, yaitu meningkatkan kenyamanan dan kualitas panggilan pelanggan XLSMART dalam menggunakan kode internasional 007.

Dengan adanya kerja sama itu, manfaat akan dirasakan bagi kedua belah pihak, baik pelanggan ataupun perusahaan.

Pelanggan akan merasakan peningkatan kualitas layanan, terutama pada interkoneksi call center, akses konten yang beragam serta panggilan international yang optimal.

“Sementara itu, bagi dua intetitas bisnis, kolaborasi itu menghadirkan peluang baru untuk meningkatkan pendapatan, memperluas model bisnis digital, serta memperkuat posisi kedua perusahaan di industri telekomunikasi nasional,” tutur Andrijanto.

Implementasi Kerja Sama  

Layanan hasil kerja sama tersebut sebagian besar sebenatnya telah dapat dinikmati pelanggan saat ini.

Dan, kedua perusahaan juga membuka peluang untuk mengeksplorasi bentuk kolaborasi baru di masa mendatang seiring dengan berkembangnya kebutuhan pelanggan dan dinamika industri telekomunikasi.

Sementara itu, di akhir kuartal II-2025, XLSMART mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 22% YoY menjadi Rp 10,5 triliun.

Hal tersebut sekaligus memberikan ruang lebih luas bagi XLSMART untuk mengakselerasi kolaborasi dengan mitra industri strategis, salah satunya degan Telkom, BUMN telekomunikasi terbesar di Tanah Air. (dmm)

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan