Infodigital.co.id

5 Tips Live Shopping di Tokopedia dan ShopTokopedia

Ilustrasi live shopping di Tokopedia. Pemanfaatan platform teknologi, salah satunya live shopping, menjadi salah satu kunci agar UMKM bisa tetap relevan di tengah perkembangan era digital. (IST)

Jakarta, ID – Pemanfaatan platform teknologi, salah satunya live shopping melalui Tokopedia, menjadi salah satu kunci agar UMKM bisa tetap relevan di tengah perkembangan era digital.

Berikut 5 tips live shopping berjualan online laris manis di Tokopedia dan ShopTokopedia bagi para UMKM maupun individu barangkali ada yang mau mencobanya.

Riset Jakpat berjudul e-Commerce Trends 2023 pada semester II-2023 menyebutkan, 87% responden mengaku pernah menonton live shopping dan 77% dari mereka melakukan transaksi melalui fitur tersebut.

Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok e-Commerce Rizky Juanita Azuz mengatakan, Tokopedia dan ShopTokopedia mempermudah pelaku usaha memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan melalui live shopping.

“Pelaku usaha yang live shopping di ShopTokopedia rata-rata kenaikan penjualannya hampir 7 kali lipat dibandingkan yang belum,” ujar Rizky, dikutip InfoDigital.co.id, Minggu (3/11/2024).

Menurut dia, live shopping mempermudah penjual meningkatkan kunjungan pelanggan dan penjualan. Masyarakat pun dapat memperoleh informasi lebih lengkap tentang produk dan promosi yang dibutuhkan.

Berikut 5 tips live streaming:

1. Buat konten video kreatif

Agar konten video menarik untuk ditonton, buatlah konten yang berhubungan dengan target pasar.

Sebelum membuat konten video, pelaku usaha sebaiknya telah mengetahui produk yang akan dijual, memahami target pasar, dan mempertimbangkan konten yang disukai audiens.

Untuk menghindari kendala hak cipta, penjual sebaiknya memastikan lagu atau sound yang diinginkan bisa digunakan untuk keperluan promosi.

2. Siapkan ruangan dan tim pendukung

Untuk menghadirkan live shopping seru dan menarik, pastikan ruangan mendukung, seperti pencahayaan maksimal dan latar belakang yang sesuai agar produk yang ditampilkan dapat terlihat jelas oleh audiens.

“Jika memungkinkan, siapkan juga tim pendukung live streaming, seperti host, asisten, moderator, dan customer service agar sesi promosi produk dan interaksi bersama audiens makin lancar,” saran Rizky.

Halaman: 1 2
Komentar

Iklan