Orang RI Beli Paket Data Rp50-100 Ribu Per Bulan

Jakarta, ID – Survei KedaiKOPI yang bertajuk ‘Survei Penggunaan Internet di Indonesia’ menyimpulkan bahwa 61,3% orang Indonesia (RI) menghabiskan Rp50.000–Rp100.000 per bulan untuk paket data/internet seluler.
Paket berlangganan internet bulanan menjadi pilihan utama (83%) dan dengan kuota ideal berkisar antara 11–30GB per bulan (29,6%). Mereka membeli paket data melalui aplikasi Gopay (25,4%), konter pulsa (20,8%), dan mobile banking (17,5%).
Sementara itu, dalam pemilihan penyedia layanan (provider) paket data, faktor utama yang dipertimbangkan kestabilan jaringan (42,7%) dan harga paket yang sesuai dengan kebutuhan (28,8%).
Survei juga menunjukkan loyalitas tinggi terhadap provider, dengan 65,8% responden menggunakan provider yang sama selama lebih dari empat tahun dan 26,6% di antaranya setia lebih dari satu dekade.
“Hal ini menunjukkan loyalitas yang tinggi terhadap provider yang menawarkan kualitas layanan konsisten,” terang Peneliti Lembaga Survei KedaiKOPI Taufan Anindita Pradana, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (27/5/2025).
Taufan juga menyebut bahwa mayoritas masyarakat di Tanah Air suka memanfaatkan jaringan internet nirkabel (wireless fidelity/Wi-Fi) umum/publik gratis untuk menghemat kuota data pribadi di ponselnya.
Sebanyak 83,3% responden mengaku suka memilih Wi-Fi umum karena alasan penghematan kuota, diikuti oleh kemudahan akses dan bebas biaya (69,6%).
“Penggunaan Wi-Fi di rumah difokuskan pada akses informasi dan aktivitas digital produktif, seperti mencari berita (86,3%), mengakses media sosial (86%), menonton film atau drama (72,7%), dan bekerja (71,4%),” imbuhnya.
Taufan menegaskan bahwa temuan tersebut mencerminkan sikap rasional masyarakat Indonesia dalam memilih layanan internet, dengan mempertimbangkan efisiensi biaya, kualitas jaringan, dan pengalaman penggunaan jangka panjang.
Survei daring KedaiKOPI tersebut dilakukan pada 14–16 Mei 2025 dengan melibatkan 1.545 responden secara nasional dengan metode Computer Assisted Self Interview (CASI). (bdm)